Jumat, 15 Maret 2013

Jakarta Yang Macet

Topik macet kayaknya jadi kata-kata yang rutin ditelinga warga kota Jakarta. Hampir tiap hari ini terjadi pada jam pergi atau pulang kerja. Wilayah jalan jadi macet sangat parah menyedihkan. Menurut beberapa media yang kita lihat baca menyalahkan jumlah mobil nya yang katanya sudah jauh melampau kapasitas jalan. Kayaknya bukan cuma mobil jumlah dari kendaraan motor juga sudah banyak. Dan membuat kondisi jalan jadi ribet deh. Mau gimana lagi rasanya penduduk yang tinggal di Ibu Kota macet terus seperti ini.

Pas lagi datang hujan deras bisa dibilang pasti deh bisa dibilang hampir semua selokan terutama yang macet tersumbat dan sungai pasti jadi meluap semrawut. Perlu disadari ini sebetulnya yah akibat dari warga kota nya sendiri yang memang suka membuang limbah sampah yang semau nya aja. Budaya dan kebiasaan ini memang sih sangat sulit diubah lagi. Belum pas datang curah air dari beberapa kali dari luar Ibu Kota. Ini kayaknya gara-gara akibat tidak ada pengelolaan tata air terutama tuh di hulu dari sungai kurang baik. Dan ini limbah sampah yang sudah tinggi menumpuk di sekitar kali-kali parah jadinya.

Andaikan kalau kita pikir jadi tuh gimana ya solusinya? Ini kan sekedar cuma ngobrol aja. Untuk jalan solus kita yah kayaknya masih harus menunggu dan bersabar gitu. Pernah inget dulu sempat beberapa rencana memindahkan ibu kota tapi yah sepertinya ga mungkin bisa. Karena tuh ga semudah seperti yang direncanakan. Yang terakhir ini yah belum begitu lama ini adalah dengan tuh meninggikan uang muka kredit motor dan mobil. Dengan tujuan mencoba mengurangi orang untuk beli kendaraan bermotor. Kalau dulu kan dengan DP sekedarnya tuh sudah bisa bawa pulang mobil motor kredit. Ya sekarang sudah lebih susah. Pemerintah juga sudah coba membuat beberapa solusi dan terobosan bagus seperti membangun dan menyediakan jalur busway. Yang sudah berjalan dan ada sih manfaat yg dirasakan bagi sebagian besar pengguna dan masyarakat Jakarta ini.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.